Seminar Nasional Psikologi Unnes : Optimalisasi Potensi Diri dalam Menghadapi Persaingan Kerja Profesional

seminar-Prof-ancok

Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan Seminar Nasional di Aula Dekanat Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (Fmipa) pada senin (14/11). Hadir dalam Seminar Nasional yakni ketua Jurusan Psikologi beserta dosen Psikologi Unnes,Mahasiswa Psikologi Unnes dan mahasiswa Umum.

Seminar yang bertemakan “Optimalisasi Potensi Diri Dalam Menghadapi Persaingan kerja Professional” ini mengundang dua narasumber yakni Prof.Djamaludin Ancok, Ph.D Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada sebagai narasumber utama dan Ous Alkharani,MM.,M.Psi.,Psikolog sebagai narasumber kedua.

Acara seminar nasional ini di pandu oleh moderator dari dosen Psikologi, Nuke Martiarini S.Psi.,MA yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 oleh penyampai materi Prof.Djamaludin Ancok,Ph.D. Setelah Istirahat sholat dan makan dilanjutkan sesi kedua yaitu sesi pelatihan pengenalan potensi diri yang dibawakan oleh Ous Alkharini,MM.,M.Psi.,Psikolog sampai selesai.

Prof.Djamaludin Ancok,Ph.D mengatakan modal yang harus disiapkan untuk menghadapi persaingan kerja “Modal Intelektual yaitu pengetahuan, wawasan, kemauan Belajar, Modal Emosional yaitu kestabilan Emosi, Empati pada Orang Lain, Kemampuan Memahami orang lain,kesadaran diri, Modal Ketabahan yaitu tabah menghadapi kesulitan, daya juang yang terus maju, Modal Etika yaitu semangat kejujuran, sejalanya perkataan dan perbuatan, Modal Sosial yaitu kemampuan bekerjasama dengan orang lain, membangun silaturahmi, yang terakhi Modal Kesehatan yaitu Sehat, kekuatan fisik yang tinggi”. Ungkapnya. Kemudian mengenal diri dengan cara “memahami mimpi dan cita-cita, mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, perencanaan karir” Ous Alkharini,MM.,M.Psi.,Psikolog menyampaikan pada sesi pelatihan pengenalan potensi diri.

Peserta yang datang, mengatakan beruntung datang pada seminar kali ini karena banyak ilmu yang bisa didapatkan dari kedua narasumber“dengan mengikuti seminar ini saya mendapatkan banyak manfaat, disamping ilmu dari kedua narasumber, saya juga mendapatkan cerita pengalaman hidup narasumber untuk menggapai kesuksesan, pastinya dalam seminar ini saya mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana memahami secara benar potensi dalam diri, dengan pemahaman tentang potensi diri maka kita dapat menjadikan potensi diri kita sebagai kelebihan untuk  bekal dalam persaingan dunia kerja, selain  itu saya senang karena dalam seminar ini juga dibahas tentang cara mengenali diri secara bertahap untuk dapat mencapai kesuksesan dalam karir“ Ucap Dita Saferani Mahasiswa Psikologi.

Reported by ‘Persepsi’

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *